VR Science KUARK
Posted by staff IT on Selasa, November 08, 2016
Perkembangan teknologi yang semakin canggih menuntut berbagai aspek kehidupan untuk mengikuti alur perkembanganya. Salah satu adalah dunia pendidikan, sebagai guru kita harus selalu update tentang berbagai jenis teknologi salah satunya adalah gadget. Kegiatan pembelajaran akan lebih menarik apabila kita selalu update ilmu pengetahuan, cara penyampaian dan media pembelajaran. Pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana siswa SD Kristen Krista Citra asik belajar menggunakan VR BOX dalam ekstrakurikuler Science KUARK.
Secara singkat virtual reality atau yang disebut VR itu perangkat yang digunakan untuk membuat kita bisa melihat atau merasakan pengalaman memasuki dunia 3D secara virtual yang mebuat kita seolah - olah berada dalam tempat tersebut. Mungkin sebagian sudah mengetahui bahkan mencoba teknologi tersebut. Ketika Google Cardboard dirilis pada bulan Juni 2014, banyak yang tidak percaya dan menganggapnya sebagai mainan konyol. Sekarang lebih dari setengah juta pengguna telah merasakan Google Cardboard, pasar dan media massa akhirnya menyadari apa itu Google Cardboard : yaitu sebuah penemuan revolusioner yang memiliki kesempatan terbaik untuk membawa Virtual Reality ke tangan semura orang. Seiring berkembanganya teknologi VR kita dapat mengunakan VR dengan mudah dan tentunya harganya sudah relative murah.
Kegiatan ekstrakurikuler Science KUARK membahas ilmu science dengan sajian komik yang tentunya menarik bagi anak-anak. Dengan kolaborasi media pembelajaran yang modern minat belajar siswa akan meningkat. Rasa antusias siswa ketika saya sebagai guru pembimbing membawakan mereka sebuah VR BOX, Bagaimana rekasi mereka? Sangat antusias. Mereka satu per satu mencoba dan menyampaikan pendapatnya dengan apa yang mereka lihat. Video pembelajaran dunia predator yang pada waktu itu saya tampilkan memunculkan banyak sekali pertanyaan dari mereka. Rasa ingin tahu, pertanyaan, pendapat, dan antusias ini adalah pembelajaran yang sesungguhnya. Sikap itu yang akan menuntun mereka sendiri untuk belajar lebih bukan sepenuhnya oleh guru.
Pengalaman yang tidak terlupakan oleh siswa ekstrakurikuler Science KUARK menggunakan VR menjadikan semangat untuk saya sebagai pendidik untuk selalu meningkatkan pembelajaran yang asyik dan menyenangkan. Pendidikan tidak akan lepas dengan perkembangan teknologi. Ibarat manusia yang selalu diikuti oleh bayanganya begitulah juga pendidikan dan teknologi, semakin maju teknologi kita wajib untuk selalu update untuk meningkatkan kualitas pendidikan. (kelik)