Iklan, Slogan, & Poster
Apakah kalian pernah memperhatikan iklan ? Iklan apa yang menarik perhatian kalian ? Diantara iklan-iklan yang dilihat, adakah iklan yang teringat dipikiran kalian ?
A. Pengertian, Tujuan & Ciri-Ciri Iklan
Media untuk menyampaikan pesan berupa informasi khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Tujuan Iklan:
- Memasarkan sebuah produk atau jasa
- Membujuk konsumen
- Memberikan informasi terkait produk yang akan dijual
- Menghasilkan penjualan langsung
- Mengingatkan konsumen
- Membangun citra perusahaan
Ciri-Ciri Iklan:
- Menggunakan kata-kata singkat
- Pemilihan kata bersifat sugestif (mempengaruhi konsumen)
- Bersifat informatif
- Mengenalkan produk
- Menarik perhatian konsumen
Jenis-Jenis Iklan
Iklan Komersial: Iklan yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah barang atau jasa
Iklan Non Komersial: Iklan yang bertujuan untuk memberitahukan sesuatu atau mengajak masyarakat melakukan sebuah tindakan
Contoh iklan non komersial:
- Iklan pengumuman atau pemberitahuan
- Iklan permintaan
- Iklan layanan masyarakat
B. Pengertian dan Ciri-Ciri Slogan
Slogan biasanya digunakan untuk menyampaikan tujuan tertentu, membangun kesadaran masyarakat terhadap sesuatu, memberikan informasi tertentu seperti himbauan, motivasi, hingga memengaruhi orang lain.
Ciri-Ciri Slogan:
- Perkataan singkat yang mudah diingat dan menarik
- Berupa klausa, frasa, kalimat, dan motto
C. Pengertian dan Ciri-Ciri Poster
Poster adalah media promosi dan/atau informasi berupa gabungan kata-kata dan gambar. Biasanya, poster dipajang di tempat-tempat umum.
Ciri-Ciri Poster:
- Kata-kata yang ditampilkan harus singkat, padat, jelas, dan menarik
- Tulisan disandingkan dengan gambar atau foto
- Desain juga dibuat semenarik mungkin
Perbedaan antara slogan dan poster:
Slogan : memerhatikan unsur kata
Poster : mengutamakann unsur gambar dan kata-kata seimbang atau lebih sedikit kata serta dipajang di tempat umum